H2-Drycell untuk motor

HHO atau H2 digunakan sebagai supplement bahan bakar, supaya pembakaran  lebih sempurna, hho meningkatkan Oktan atau RON bbm.  Premium, pertamax, dan pertamax plus masing masing memiliki oktan 88, 92, dan 95  dengan menambah hydrogen akan menjadi 130.

HHO/H2 yang diperlukan minimal 25% dari volume mesin jadi sangat sedikit kalau digunakan untuk
mesin motor, yang umumnya mempunyai volume 100 cc- 250 cc. Ukuran drycel 8 X 12 cm tebal 4 cm, perlengkapan lain adalah  tabung water trap/filter H2  panjang 12 cm diameter 2 cm berfungsi menahan air atau uap air supaya gas hho/h2 yang masuk melalui saluran udara mesin (air flow)  hho murni.

Drycell befungsi memisahkan  molekul air (H2O) menjadi gas hydrogen/H2 dan oksigen/O2, atau biasa disebut hho, pemisahan air ini adalah proses elektrolisa, karena itu diperlukan listrik arus searah atau DC (direct current), listrik yang dipakai untuk drycell tidak boleh membebani altenator atau battery motor, jangan lebih dari 15% nya dari kemampuan maksimal arus altenatornya.

Foto Drycell, Watertrap, dan PWM.




Memilih HHO/H2 Drycell
Banyak iklan pembuat drycell yang mengklaim drycellnya menghasilkan volume gas yang banyak, diukur dengan satuan liter gas permenit ( LPM ) tetapi tidak pernah menjelaskan berapa listrik yang diperlukan, berapa efisiensinya atau sesuaikah kebutuhan supplement hho untuk dimasukkan ke mesin.

Kita tidak memerlukan LPM yang berlebihan, minimal 25% dari volume mesin, listrik yang digunakan tidak lebih dari 15% nya sumber listrik yang ada, karena kalau listrik yang dipakai membebani spul magnet atau altenator tentu perlu tenaga ekstra untuk memutarnya yang artinya akan menambah bbm. 


Yang perlu diperhatikan 
Efisiensi drycell yaitu perbandingan hho yang dihasilkan (mili liter) dengan tenaga listrik yang diperlukan (watts) dalam waktu 1 menit ; biasanya ditulis dengan MMW (minute/milliter/watts), misalnya drycel motor dengan spec sebagai berikut : 

Luas plat active (yang kena larutan)   5 X 6 cm

Jumlah plat 7 lembar (1 stack) 

Arus maksimum 1 stack : 2,51 Ampere. (dihitung dengan rumus Faraday,luas plat 1 inch hanya mampu dilewati arus listrik DC sebesar 0,5 A tanpa menimbulkan panas) 

LPM: 0,63 atau 63 cc (dihitung dengan rumus Faraday) 

Pada tegangan kerja 9 volt (di set dengan PWM),  arus listrik 1A  tenaga listrik yang diperlukan   V x A =     1 Ax 9V = 9 watts 

MMW= mili liter / watss= 63/9 = 7 

Sekarang kita coba tenaga listrik dirubah dengan memberikan tegangan 12 volt kita hitung mmw atau efisiensinya.

LPM : 0,63   atau 63 cc 
Arus listriknya tetap : 1 A     

Tegangn kerja  12 volt, tenaga listrik yang diperlukan V x A= 1Ax12V= 12 watts        

MMW=milliter/watts= 63/12= 5,25 

Kesimpulannya, semakin besar tenaga listrik diperlukan semakin rendah efisiensi drycell, dan sebaliknya semakin sedikit tenaga listrik yang dipakai dengan hasil LPM sama akan semakin baik efisiensinya.  Untuk menyiasati listriknya ini di gunakan PWM (Pulse width modulation) yaitu rangkaian electronic yang merubah arus DC menjadi arus pulsa sehingga bisa diatur tegangan rata rata dan arus rata rata (duty cycle) yang diinginkan.                                                                                                                                                  
Proses elektrolisa pada drycell akan efisien apabila tegangan antar platnya 1,4 - 2,2 volt apabila tegangan nya lebih dari 2,2 volt cenderung akan menimbulkan panas dan vaporasi/penguapan , cairan cepat keruh berwarna coklat seperti karat, bisa menyebabkan korosi pada platnya, dengan design 7 plat maka ruang antar platnya ada 6 ruang, apabila tegangan kerja antara plat positive (anoda) dan negative (katoda)  12 volt maka tegangan antar plat 12/6 =2 volt.

Pemasangan/instalasi : 

Apabila motor yang akan dipasang drycell motor bebek, cover bodynya dibuka untuk memudahkan pemasangan, tentukan letak Water trap atau tabung reservoir, harus lebih tinggi dari pada Drycelnya, supaya cairan bisa sirkulasi dengan baik, sirkulasi ini terjadi karena gas hho akan selalu naik ke atas dengan menarik air katalisnya, sampai di water trap air kembali turun ke drycel, sedang gas hho masuk ke mesin melewati saluran udara dan throttle/skep.



 (Jangan dimasukkan ke intake manifold untuk menghindari flash back, dan lagi vacuum dari mesin sangat kuat kemungkinan air bisa terserap masuk.)



Air naik ke water trap kalau didalam drycell terlalu penuh, maka gelembung gas/bubbler yang naik keatas  membawa air dan berputar balik ke drycell (sirkulasi).

Bracket/mounting untuk meletakkan drycell pada setiap motor tidak sama, sehingga perlu disesuaikan akan ditaruh dimana drycell tersebut; yang paling mudah diletakkan pada arm roda belakang, tetapi untuk motor matic biasanya disamping kanan diatas knalpot, upayakan drycell tidak terganggu dengan gerakan naik-turun pada saat motor berjalan, atau kadang drycel motor matic diletakkan didepan mesin, tetapi tidak bisa kita pantau cairan katalisator/elektrolitnya  setiap saat, karena tertutup cover plastik

Dry cell (generator HHO),                                                                           
Pada Drycell  ada 2 nepel gas berbentuk L yang diujungnya ada ring, keduanya ini berfungsi sebagai output gas dan air, dan input kembalinya air dari water trap, keduanya terletak disatu sisi bagian atas, cara memasang slang pada nepel L dengan menekan slang masuk, cara melepasnya dengan menekan slang bersama ring nepel kebawah dan ring ditahan, lalu slang ditarik keatas, untuk nepel yang di water trap memasang dan melepas hanya dimasukkan dan ditarik . 
           
Drycel ini didesign dengan menyisakan ruang diatas keping plat yang tersusun (7 plat) dimaksudkan agar ada ruang gas sementara sebelum gas tersebut masuk ke air intake (saluran udara) dari filter udara
 
Foto pemasangn drycell motor
          
Slang dari water trap masuk kesaluran udara ujungnya dekat throttle/skep pada mtr caburator, foto sebelah adalah waktu motor hidup gelembung gas akan terbentuk, tegangan kerja diset pada 9 volt paling tinggi 12 volt, kalau diukur ampernya 0,6 A (stasioner) 1,5-2A waktu RPM dinaikkan.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar